RANGKAIAN HJKB 213 KEC. SUKAJADI, KANG PISMAN DI RW 09 KEL CIPEDES

  • Sep 07, 2023
  • Martika Edwandi
  • Kota Bandung

BANDUNG, KIM CIPEDES | Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Bandung ke-213 Kecamatan Sukajadi, salah satu rangkaian acara yang diadakan yaitu Pelatihan Kang Pisman Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan sampah yang melibatkan  warga RW 09 Kel Cipedes pada hari Rabu 6 September 2023 bertempat di lapang volley RT 04 RW 09, dengan narasumber Kang Yayan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung. " Sebagai  kegiatan penting yang menjadi bagian dari HJKB ke-213 dimana Kota Bandung sendiri dalam keadaan darurat sampah kegiatan ini merupakan upaya bahwa sampah itu harus selesai di tingkat RW saja " begitu pernyataan dari Ketua RW 09 Kel. Cipedes sekaligus merupakan Ketua forum RW Kecamatan Sukajadi Bp Suherman.

Dedi Rustandi, SH.,   Lurah Cipedes yang saat hadir turut menyampaikan " Apresiasi tinggi buat warga RW 09 atas segala partisipasi dalam keturutsertaannya menanggulangi masalah Kota Bandung mulai dari rumah dengan memilah sampah untuk meminimalisir pembuangan sampah dan sampah tersebut dapat dimanfaatkan kembali, dan mohon maaf atas ketidaknyamanan dalam pelayanan pembuangan sampah. Saya menghimbau untuk tidak melakukan pembuangan sampah terkait masalah yang saat ini sedang terjadi, juga terimakasih kepada Kang Yayan dan DLHK atas diadakannya pelatihan ini sampai ditingkat warga ".

Dalam sosialisasi dan pelatihan tersebut kang Yayan menjelaskan secara teori dan teknis dalam pengurangan, pemilahan dan pemanfaatan sampah secara detail. Mulai dari pengenalan jenis sampah organik dan non-organik, pengolahan sampah organik, pembuatan MOL, komposter dan pemanfaatan hasil pemilahan selain yang dapat menghasilkan uang, juga mengenai bahaya sampah bagi lingkungan. Acara yang dihadiri oleh para Ketua RT 01 sampai RT 05, Kader PKK juga sebagian besar dihadiri para ibu rumah tangga menjadi keuntungan tersendiri karena para ibu rumah tangga lah yang pertama akan menjadi bagian pemilahan sampah pertama yang dimulai dari rumah hingga penanganan sampah dapat selesai ditingkat RW.

** Tatang Tabi'i