LPM Kelurahan Cipedes Hadiri BBGRM Ke XXI Tingkat Kota Bandung

  • Jul 21, 2024
  • Martika Edwandi
  • Kota Bandung

KIM CIPEDES, BANDUNG | Pagi sekitar pukul 06.30 seluruh LPM 5 Kelurahan beserta LPM Kec Sukajadi berkumpul untuk menuju Balai Kota Bandung, termasuk LPM Kelurahan Cipedes yang dipimpin oleh Ketua LPM Cipedes Drs. Sakimin, M.Si. Ph.D., dan Hidayat Mulyana Ketua LPM Kecamatan Sukajadi. Tampak hadir di Balai Kota Bandung Camat Sukajadi Drs. Inci Dermaga Mustawan A, M.A.P dalam acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXl Tingkat Kota Bandung dan HUT LPM ke XXIV di Balai Kota Bandung, Minggu 21 Juli 2024.  

"Percepatan pembangunan semua sektor lewat gotong royong " hal itu yang PJ Walikota Bandung Ir. Bambang Tirtoyuliono, M.M lontarkan saat membuka langsung pencanangan BBGRM XXI tingkat Kota Bandung. Selanjutnya "Hari ini kita rasakan momentum BBGRM lebih ditingkatkan lagi. Saya pesan kepada para Aparatur Sipil Negara ( ASN ) di lingkungan Pemkot Bandung, para Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM ), sampai dengan level kelurahan yang beririsan dengan pimpinan RT dan RW untuk menjadi pelopor," katanya.

Ia juga meminta agar para pimpinan kewilayahan hingga level Kelurahan untuk rembug bersama warga membangun wilayah dengan maksimal.

"Saya mengajak kepada masyarakat juga untuk mencipakan semangat gotong royong yang bisa menyejahterakan wilayahnya dengan konsep Someah Hade Ka Semah (Ramah, bersikap baik, menjaga, menjamu dan membahagiakan setiap orang)," jelasnya.

Menurut Bambang, peningkatan pembangunan tak hanya soal infrastruktur tapi terkait sosial, agama hingga partisipasi masyarakat.

"Dalam pembangunan itu tidak hanya infrastruktur, tapi juga sosial. Sehingga LPM bisa menjadi pelopor untuk memberdayakan secara sosial, hasilnya warga bisa mengakselerasi untuk memulihkan budaya gotong royong," ungkapnya.

PJ Walikota berpesan bahwa pada 27 November 2024 mendatang akan diselenggarakan pesta demokrasi yaitu Pilkada serentak. Untuk itu ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjaga lingkungan tetap kondusif.

Hal lain yang menjadi spesial dalam acara ini menurut LPM Cipedes " Kegiatan seperti ini manfaat lain yang dapat kami ambil adalah dapat bersilaturahmi dengan  LPM lain, dapat saling tukar pikiran dan bisa mengenal kultur lain di luar wilayah Kelurahan", ungkapnya. Juga terdapat stand-stand UMKM dari beberapa Kecamatan.

Tatang Tabi'i